Jumat, Maret 29, 2013

Sekilah Mengenai Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Bagi anak akuntansi biasanya sudah tidak asing dengan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Tidak seperti pendidikan profesi dokter, pendidikan profesi akuntansi ini merupakan pendidikan lanjutan setelah menamatkan sarjana akuntansi, pendidikan ini bersifat opsional, artinya pendidikan profesi akuntansi ini tidak diwajibkan bagi setiap tamatan akuntansi.

Postingan kali ini gue bakal menceritakan sedikit mengenai PPAk atau PPA ini. Dulu kala setiap lulusan sarjana akuntansi akan langsung mendapatkan gelar akuntan yang biasa disingkat dengan Ak atau Akt. Artinya setiap lulusan akuntansi dulu akan langsung mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi-Akuntan atau biasa disingkat SE.,Ak. Namun ntah sejak tahun berapa setiap lulusan sarjana akuntansi hanya mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi saja, sehingga untuk mendapatkan gelar Akuntan seorang lulusan S1 Akuntansi harus melanjutkan studi di PPAk selama minimal 1tahun atau 2 semester dan maksimal 3 semester.

Kuliah PPAk ini ternyata tak jauh berbeda dengan kuliah S1 Akuntansi, bedanya beberapa materi yang telah diperoleh di S1 dipadatkan porsinya. Di PPAk sendiri memiliki beberapa matakuliah yang belum kita pelajari di S1. Pola perkuliahan sendiri cenderung dengan sistem presentasi dan diskusi, hampir setiap presentasi diberikan kasus yang harus dibahas dan dicari solusinya. Jadi jelas bahwa PPAk sendiri merupakan kuliah yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga profesional di bidang akuntansi seperti akuntan dan auditor dengan diberikannya kasus-kasus dalam dunia real agar nantinya tenaga profesional ini siap dengan berbagai permasalahan dalam dunia kerja sebagai tenaga profesional.

Beberapa matakuliah yang dipelajari PPAk antara lain adalah:

1. Matakuliah Wajib
Etika Bisnis dan Profesi (Semester 1)
Perpajakan (Semester 1)
Auditing dan Atestasi (Semester 1)
Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial (Semester 1)
Pelaporan dan Akuntansi Keuangan (Semester 2)
Pasar Modal dan Manajemen Keuangan (Semester 2)
Akuntansi Manajemen dan Biaya (Semester 2)

2. Matakuliah Pilihan
Corporate Governance
Akuntansi Internasional
Audit Sistem Informasi
Sistem Manajemen Biaya
Akuntansi Keperilakuan

Silabus matakuliah wajib ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, sedangkan silabus matakuliah pilihan ditetapkan oleh PPAk masing-masing universitas penyelenggara PPAk. Seluruh matakuliah berbobot 3 SKS dengan tatap muka dalam 1 semester berjumlah 16 kali pertemuan.

Nah gue rasa udah cukup informasi mengenai PPAk buat yang belum puas mempunyai gelar SE. Gue sendiri merekomendasikan untuk kalian melanjutkan studi ke PPAk agar ilmu mengenai akuntansi semakin mendalam dan berprofesi menjadi Akuntan, karena jumlah akuntan di Indonesia masih sangat sedikit dan artinya profesi ini masih sangat menjanjikan, semoga bermanfaat, salam.

ps: silahkan isi kotak komentar jika ada yang ingin ditanyakan seputar PPAk


Sent from BlackBerry® on 3

10 komentar:

  1. Mohon maaf saya saya ingin bertanya apakah lulusan pendidikan akuntansi dapat melanjukan ppak ? yang saya lihat di beberapa website universitas ,persyaratan utk mengambil ppak adalah lulusan akuntansi dan ekonomi . Mohon kiranya dijawab .terima kasih .

    BalasHapus
  2. Itu berarti s1 akuntansi tidak siap pakai klo bisa mata kuliah ppak langsung masuk sks s1 akuntansi...untuk profesi cukup ikut diklat n lulus ujian sertifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tidak bisa sks ppak dimasukkan di S1 karena waktu s1 fokusnya adalah menghasilkan lulusan yang mengerti dan dapat membuat laporan keuangan sesuai PSAK
      Sedangkan pada ppak kita dididik lebih pada audit jadi tahapannya kita mengerti tentang pembuatan laporan keuangan lalu baru mengaudit laporan keuangan perusahaan

      Hapus
  3. boleh gak sih jurusan lulusan s1 manajemen masuk profesi akuntasi? mhn dijawab ya. thx

    BalasHapus
  4. kalau aku ya...cenderung setuju melalui program pendidikan profesi akuntan n harus lulus ujian profesi...tidak serta merta..lulusan si akuntansi...punya gelar akt....

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Apakah lulusan D3 Akuntansi bisa mengikuti PPAk?

    BalasHapus
  7. Itu wilayah Makassar adakah mba sekolah profesi PPAK

    BalasHapus
  8. Kalo PPAK sendiri tugas akhirny seperti apa?

    BalasHapus
  9. Apakah boleh untuk lulusan S1 Ekonomi Pembangunan mengikuti profesi PPAK?

    BalasHapus